Reach and Frequency

APA KELEBIHAN BER-IKLAN DI RADIO DAHLIA ?

 


Tabel dibawah adalah analisa untuk mengetahui kemampuan masing-masing radio dalam menjangkau pendengarnya, khususnya dalam memutarkan Spot Iklan selama 4 minggu. Dalam tabel tersebut berdasarkan survey Nielsen Media Research (reach and Frequency Analysis). Hal ini menunjukan efektifitas periklanan di masing-masing radio dan sebandingkah dengan biaya yang dikeluarkan oleh Mitra Bisnis untuk mempromosikan produknya di radio (satu segmen) yang masuk dalam peringkat 4 besar. Sebagai contoh bahan perbandingan materi iklan dari ketiga radio tersebut.

Kesimpulan tabel tersebut memperlihatkan radio DAHLIA adalah radio yang paling efektif dan murah untuk beriklan.

Radio Total Spot Total Cost Gross Impact CPM
Dahlia 120 Rp. 12.000.000 8.043 Rp. 1.491
Others 120 Rp. 12.000.000 3.263 Rp. 3.708
Others 120 Rp. 12.000.000 1.703 Rp. 7.046
Others 120 Rp. 12.000.000 745 Rp. 9.047
Others 120 Rp. 12.000.000 473 Rp. 25.370

Keterangan :

RADIO : 5 Radio besar satu segment di Kota Bandung.
TOTAL SPOT : Total spot yang disiarkan.
TOTAL COST : Total biaya pemasangan iklan per station asumsi nilainya sama, contoh Rp.150.000,-.
GROSS IMPACT : Potensi jumlah pendengar (000's) yang diraih.
CPM : Cost Per Million yaitu pembagian antara total cost dengan gross impact, hasilnya adalah biaya per spot untuk menjangkau jumlah setiap per seribu pendengar.

Radio 1+Reach 2+Reach 3+Reach 4+Reach 5+Reach
Dahlia 362 291 254 229 210
Others 227 175 148 131 118
Others 113 87 74 65 59
Others 66 52 44 40 36
Others 55 39 32 27 24

Keterangan :

RADIO : 5 Radio besar satu segment di Kota Bandung.
REACH : Seberapa banyak pendengar yang mendengarkan spot iklan secara berulang sebanyak 1 kali, 2 kali, 3 kali, 4 kali dan 5 kali.

Sumber : The Nielsen Company (Quarter 3 Tahun 2010)